Rabu, 16 Februari 2011

etika dalam bergaul

Etika pergaulan adalah sopan santun atau tata krama dalam pergaulan tergantung dengan situasi dan keadaan yang tidak melanggar norma-norma yang berlaku baik norma agama, kesopanan, adat, hukum dan lain-lain.

Dalam etika pergaulan manusia dituntut untuk mengenal, berhubungan dan membantu karena manusia mahluk sosial. Tata kerama dan tingkah laku sehari-hari pun merupakan cerminan diri kita sendiri dan sebagaimana mestinya kita harus berprilaku baik agar diterima dan disenangi oleh siapa saja yang bergaul dengan kita.
kita juga harus memperhatikan pergaulan terhadap lawan jenis diperlukan aturan-aturan dan norma-norma untuk menjaga hubungan baik dan nama baik sehingga kita tetap bisa terhindar dari dampak yang negativ.
Seharusnya dalam bergaul pun bisa saling menguntungkan, contohnya dengan cara belajar bersama dengan teman sekolah ataupun kuliah, dengan cara itu kita bisa saling bertukar pendapat untuk memecahkan suatu masalah dalam pelajaran sehingga lebih dekat dalam menjalin suatu pergaualan dalam bentuk hal yang positif karena itu akan menjadikan lebih baik dalam bergaul dan masih banyak contoh positif lainnya dalam bergaul.

Pergaulan harus juga bisa menempatkan diri untuk dapat membedakan sikap terhadap orang yang lebih tua, sebaya dan lebih muda. Kita harus saling menghormati untuk dapat menjalin hubangan dengan baik dan sopan begitu juga dalam berpenampilan serta berbicara harus baik dan sopan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar