Pada mesin diesel, busi diganti dengan injector bahan bakar, dan udara hanya dikompresi selama proses kompresi.
- 1-2isentropic kompresi
- 2-3constant-volume panas Selain
- 3-4isentropic ekspansi
- 4-1constant-volume penolakan panas
SIKLUS OTTO
Secara thermodinamika, siklus ini memiliki 4 proses thermodinamika yang terdiri dari 2 buah proses isokhorik (volume tetap) dan 2 buah proses adiabatis (kalor tetap). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat diagram tekanan (p) vs temperatur (V) berikut:
- Langkah 0-1 adalah langkah isap,
- langkah 1-2 adalah langkah pemampatan,
- garis 2-3 adalah pembakaran secara cepat yang menghasilkan pemanasan gas pada volume konstan,
- langkah 3-4 adalah langkah ekspansi gas panas,
- sedang segmen 4-1 turunnya tekanan secara tiba-tiba karena dibukanya katup buang.
- Setelah itu gas dibuang pada langkah 1-0.
Maksud siklus seperti pada gambar di atas beserta penjelasannya adalah sebagai berikut:
1. Langkah isap (0-1) dan langkah buang (1-0) dianggap sebagai proses tekanan tetap.
2. Langkah pemampatan (1-2) dianggap berlangsung secara adiabatik, karena proses tersebut berlangsung sangat cepat sehingga dianggap tidak ada panas yang sempat keluar sistem.
3. Proses pembakaran (garis 2-3) dianggap sebagai pemasukan (pengisian) kalor pada volume konstan.
4. Langkah kerja (3-4) dianggap juga berlangsung adiabatik. Penjelasan sama dengan nomor 2.
5. Proses penurunan tekanan karena pembukaan katup buang (garis 4-1) dianggap sebagai pengeluaran (pembuangan) kalor pada volume tetap.
6. Fluida kerja dianggap gas ideal sehingga memenuhi hukum-hukum gas ideal.
2. PERBEDAAN SIKLUS OTTO DAN DIESEL 2 TAK
Perbedaan antara motor diesel dan motor bensin adalah terletak pada proses pembakaran bahan bakar, pada motor bensin pembakaran bahan bakar terjadi karena adanya loncatan api listrik yang dihasilkan oleh dua elektroda busi (spark plug), sedangkan pada motor diesel pembakaran terjadi karena kenaikan temperatur campuran udara dan bahan bakar akibat kompresi torak hingga mencapai temperatur nyala. Karena prinsip penyalaan bahan bakarnya akibat tekanan maka motor diesel juga disebut compression ignition engine sedangkan motor bensin disebut spark
Tidak ada komentar:
Posting Komentar